A. Kegiatan Utama
Pusat Jasa Ketenagakerjaan Universitas Sumatera merupakan wadah atau Penghubung antara Mahasiswa dan Alumni yang mencari kerja dengan Perusahaan. Dimana dengan adanya PJK USU ini mahasiswa dan alumni Universitas Sumatera Utara maupun mahasiswa dan alumni luar lebih mudah untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan, kemampuan dan keahlian mereka. Adapun kegiatan utama PJK USU yaitu:


1. Menerima Pendaftaran Anggota
Pada umumnya peserta anggota Pusat Jasa Ketenagakerjaan Universitas Sumatera Utara tidak dari Universitas Sumatera Utara saja, melainkan dari Universitas Negeri dan Universitas Swasta lainnya. Bahkan tidak sedikit anggota PJK USU dari luar kota Medan, contohnya dari Aceh, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, dan masih banyak lainnya.

Peminat pengunjung PJK USU tiap tahunnya mengalami peningkatan. Data ini dapat dilihat dari data anggota PJK USU pada tahun 2016 sebanyak 2.167 orang. Begitu juga dengan kemitraan Perusahaan yang bekerja sama dengan PJK USU ditahun yang sama sebanyak 603 Perusahaan. Dari data tersebut dapat kita lihat, bahwasanya peminat para alumni dan mahasiswa terhadap PJK USU masih tinggi.


2. Pelatihan Perencanaan Karir
Tujuan di selenggarakannya pelatihan kerja di PJK USU adalah untuk memudahkan alumni mendapat pekerjaan. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan yang berkaitan dengan kebutuhan kompetensi dari alumni sesuai dengan kebutuhan dunia industri sehingga tercipta link and match antara dunia industri dan perguruan tinggi.

Dengan adanya rencanaan Pembekalan Karir nantinya dapat memberi bekal dan pengalaman kepada para alumni agar menjadi tenaga kerja yang professional.Tujuan diselenggarakannya Perencanaan Karier di PJK USU adalah membantu alumni dalam pemahaman dirinya dan lingkungannya, dalam pengambilan keputusan, perencanaan,dan pengarahan kegiatan-kegiatan yang menuju kepada karier dan cara hidup yang akan memberikan rasa kepuasan karena sesuai, serasi, dan seimbang dengan dirinya dan lingkungannya.


Beberapa konsep yang dilakukan PJK USU terapkan selama ini antara lain yaitu :


a. Konseling
Setiap tahun perguruan tinggi yang meluluskan sarjana (S1) terus meningkat jumlahnya. Secara kuantitas lulusan S1 dari waktu ke waktu kian bertambah, namun demikian mereka yang langsung diterima bekerja tidak seimbang. Hal ini tentu saja kian menambah persoalan mendasar yang dihadapi pemerintah yaitu masalah pengangguran khususnya pengangguran terdidik.
Hingga kini PJK USU berupaya untuk mengatasi pengangguran dengan cara melakukan pelatihan kerja dan melakukan konseling kepada mahasiswa dan alumni, sehingga nantinya mereka dapat bersaing didalam dunia mencari pekerjaan.
b. Merencanakan Karir
Karir adalah suatu rangkaian kerja dan jabatan yang dipegang seseorang dalam jangka waktu lama. Sedangkan Perencanaan karir adalah perencanaan yang fokus pada pekerjaan dan pengidentifikasian jalan karir yang memberikan kemajuan yang logis atas orang-orang diantara pekerjaan dalam mencari pekerjaan.
Adapun manfaat perencanaan karir adalah sebagai berikut :
a. Meluruskan strategi dan syarat-syarat mahasiswa dan alumni.
b. Mengembangkan mahasiswa dan alumni yang dapat dipromosikan.
c. Memudahkan penempatan ke luar negri.
d. Membantu di dalam keanekaragaman tenaga kerja.
e. Menyaring potensi mahasiswa dan alumni.
f. Meneruskan pertumbuhan pribadi.
g. Mengurangi pengangguran.
h. Memuaskan kebutuhan mahasiswa dan alumni.
Dalam penyusunan perencanaan karir PJK USU perlu mengetahui minat dan kebutuhan individu dalam setiap tahap karirnya. Pada umumnya manusia dalam kehidupan pekerjaannya melewati beberapa tahap karir.


Tahap-tahap karir itu sebagai berikut:

a. Tahap Penegakan
Tahap ini disebut sebagai tahap penegakan, dimana dalam tahap ini mahasiswa dan alumni cenderung akan memenuhi kebutuhan akan rasa aman dalam tahun-tahun pertama menjalankan pekerjaannya nanti. Biasanya berlangsung selama lima tahun pertama dalam masa kerja.
b. Tahap Kemajuan
Pada tahap kemajuan ini mahasiswa dan alumni mulai memupuk harga diri, otonomi, dan berusaha untuk dipromosikan. Tahap ini berlangsung kira-kira pada usia 30 sampai 45 tahun.
c. Tahap Pemeliharaan
Pada tahap pemeliharaan ini, kebutuhan adalah yang paling dominan dan pegawai merasa tidak puas terhadap pekerjaannya.
d. Tahap Pensiun ketika bekerja nantinya
Pada tahap pensiun ini, mahasiswa dan alumni mulai diketahui perjalanan karirnya, apakah macet atau memburuk karirnya selama tahap sebelumnya, dan bagi mereka yang mengalami hal tersebut maka pada tahap ini karir mereka tidak bertahan lama. Mereka mulai mengharapkan pensiun dan kesempatan untuk melakukan pekerjaan lain.
c. Memahami minat dan bakat
Keberhasilan dalam penyelenggaraan minat bakat akan sangat bergantung kepada manajemen dan komponen-komponen pendukung pelaksanaan kegiatan seperti kemampuan para mahasiswa dan alumni di dalam dunia kerja nantinya.
Komponen tersebut merupakan satu kesatuan dalam upaya pencapaian tujuan PJK USU. Artinya bahwa setiap komponen memiliki peran yang sama dan saling memberikan dukungan bagi komponen lainnya, sehingga memberikan kontribusi yang tinggi terhadap pencapaian tujuan PJK USU tersebut. Dengan adanya minat bakat ini sangat dibutuhkan, terlebih bahwa bagi para mahasiswa dan alumni para pencari kerja.
Pusat Jasa Ketenagakerjaan Universitas Sumatera Utara sering mengadakan tes minat bakat baik itu kepada mahasiswa ataupun para alumni yang ingin mencari kerja di PJK USU. Tujuan tes minat bakat yang dilakukan kepada mahasiswa dan alumni agar mereka mengetahui kemampuan dan karakter mereka. Sehingga mereka nantinya dapat menentukan pilihan karirnya dan masa depannya.


d. Metode Perencanaan Karir
Tiap tahunnya Pusat Jasa Ketenagakerjaan Universitas Sumatera Utara melakukan berbagai macam eksperimen di antara lain melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, studi kasus dan simulasi Agar mendapatkan metode perencanaan karir yang sempurna.

Tujuan dari pelaksanaan Bimbingan Karir adalah untuk memberi bekal dan pengalaman kepada para alumni agar supaya menjadi calon pekerja yang professional. Bimbingan Karier ini diharapkan alumni juga memiliki seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi professional, sesuai dengan minat dan bakatnya.
Sedangkan tujuan khusus diselenggarakannya bimbingan karier adalah sebagai berikut:
a. Meningkatkan pemahaman diri para alumni.
b. Meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan alumni USU tentang dunia kerja.
c. Membina sikap yang serasi terhadap partisipasi dalam dunia kerja dan terhadap usaha dalam mempersiapkan diri suatu jabatan.
d. Meningkatkan kemahiran berpikir agar mampu mengambil keputusan tentang jabatan dan melaksanakan keputusan itu.
e. Mengembangkan nilai-nilai sehubungan dengan gaya hidup yang dicita-citakan, termasuk jabatan. Menopang kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama.
Adapun Manfaat dari diadakannya Bimbingan Karir, untuk menerapkan teori yang di terima selama kegiatan perkuliahan dan diaplikasikan dalam bentuk layanan baik secara klasikal, kelompok maupun individual. Selain itu juga melatih alumni untuk berinteraksi dengan lingkungan baru dan juga untuk melatih komunikasi dengan para alumni.

3. Pelatihan Melamar Kerja
Kegiatan pelatihan ini sangat penting karena bermanfaat guna menambah pengetahuan atau keterampilan terutama bagi yang mempersiapkan diri memasuki lapangan pekerjaan. Maka dalam hal ini Pusat Jasa Ketenagakerjaan Universitas Sumatera Utara sebagai pengabdian kepada masyarakat membuka pelatihan terhadap para alumni agar alumni USU sehingga reputasinya meningkat. Diharapkan melalui pelatihan ini alumni yang dihasilkan mudah memperoleh pekerjaan setelah menyelesaikan studinya.


a. Tujuan Dari Pelatihan
Tujuan di selenggarakannya pelatihan kerja di PJK USU adalah untuk memudahkan alumni mendapat pekerjaan, Untuk itu perlu dilakukan pelatihan yang berkaitan dengan kebutuhan kompetensi dari alumni sesuai dengan kebutuhan dunia industri sehingga tercipta link and match antara dunia industri dan perguruan tinggi.

b. Manfaat Pelatihan
Manfaat diadakannya Pelatihan kerja terhadap para alumni adalah
a. Untuk meningkatkan keterampilan alumni sesuai dengan perubahan teknologi
b. Untuk membantu masalah yang dihadapi alumni
c. Meningkatkan pengetahuansiswa tentang dunia kerja.

c. Materi Pelatihan
Materi pelatihannya adalah
a. Kiat Sukses Mencari Kerja.
b. Membangun SDM untuk Sektor Unggulan Pertanian Indonesia terhadap Alumni.
c. Teknik Wawancara Yang Baik.
d. Pengembangan Potensi Diri

d. Metode Pelatihan
Metode pelatihan diberikan melalui ceramah, presentasi, diskusi kelompok, studi kasus dan simulasi.

e. Peserta Pelatihan
Peserta pelatihan berasal dari alumni Universitas Sumatera Utara dari berbagai fakultas dan jurusan.

f. Tempat Pelatihan
Adapun tempat Pelatihan diadakan di Pusat Jasa Ketenagakerjaan Universitas Sumatera Utara di Jalan Perpustakaan USU No.2, Ruang Pelatihan. Dimana ruang pelatihan di PJK USU terdapat 2 (dua) ruangan yaitu ruangan berkapasitas 50 orang dan ruangan yang berkapasitas 80 orang. Sehingga kegiatan pelatihan dapat berjalan dengan lancar.

 

4. Penyelenggaraan Bursa Kerja

Secara berkala, PJK USU melaksanakan kegiatan bursa kerja yang disebut USU Job Fair. Pelaksanaan bursa kerja bertujuan untuk menghubungkan alumni dan mahasiswa dengan dunia kerja agar mereka memperoleh informasi tentang pekerjaan sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Peserta Job Fair terdiri dari berbagai instansi baik Pemerintah maupun non Pemerintah dan berbagai perusahaan. Dalam bursa kerja sejumlah instansi dan perusahaan secara bersama-sama melaksanakan diseminasi informasi kerja kepada mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate untuk mendapatkan tenaga kerja potensial dan terbaik. Dengan kata lain, para pencari kerja dan penyedia lapangan pekerjaan bertemu dan berkomunikasi secara langsung dan adakalanya dilakukan perekrutan pada saat bersamaan. USU Job Fair diselenggarakan bekerjasama dengan event organizer (EO) dan Ikatan Alumni USU (IKA-USU).

 

 pjk 1  pjk 2

 

Daftar kegiatan Pusat Jasa Ketenagakerjaan USU di tahun 2017 :
1) Mengadakan Bursa Kerja/Job Fair bekerjasama dgn Garuda Organizer dari Jakarta yang diadakan pada:
- 24 s/d 25 Februari 2017
- 18 s/d 19 Mei 2017
- 11 s/d 12 Oktober 2017
2) Mendata jumlah alumni USU yg sudah bekerja di perusahaan dengan menghubungi HRD perusahaan yang memasang iklan loker di tahun 2017.
3) Kerjasama dgn Pusat Karier dan Kewirausahaan Universitas Medan Area pada tanggal 13 Juni 2017
4) Seminar dengan Wiraland Property di Pusdiklat LPPM pada tanggal 06 Oktober 2017
5) Seminar dengan Wiraland Property di Pusdiklat LPPM pada tanggal 28 Oktober 2017
6) Mengadakan Seminar dan Campus Hiring bekerja sama dengan PT.NESTLE INDONESIA pada tanggal 05 Desember 2017 di Anwar Karim Building Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sumatera Utara.