Manfaat dari Perencanaan Karir untuk menerapkan teori yang diterima selama kegiatan perkuliahan dan diaplikasikan dalam bentuk layanan baik secara klasikal, kelompok maupun individual. Selain itu juga melatih alumni untuk berinteraksi dengan lingkungan baru dan juga untuk melatih komunikasi dengan para alumni.
1. Manfaat Bagi Perusahaan
Dengan adanya PJK USU perusahaan dapat meminimalkan biaya rekrutmen, mulai dari peroses pengumuman lowongan kerja, seleksi administrasi, psikotes, wawancara dan biaya seleksi lainnya. Selain itu perusahaan dapat mempersingkat wakru rekruitmen karena pada umumnya perusahaan, alumni dan mahasiswa yang ada di Sumatera Utara yang mengikuti rekrutmen sudah mengetahui PJK USU sehingga mereka tidak perlu lagi mencari lokasi PJK USU.
Dengan adanya pelatihan di PJK USU akan menciptakan SDM yang baik dan handal, sehingga dapat mempermudah para Mitra Perusahaan yang ingin melakukan rekrutmen. Oleh karena itu itu mitra perusahaan yang bekerja sama dengan PJK USU dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pekerjaan/perusahaan.
2. Manfaat Bagi Perguruan Tinggi
a. Memberi informasi akurat mengenai trend pasar kerja dan kebutuhan dunia usaha.
b. Menciptakan sinergi yang saling menguntungkan antara user (dunia usaha) dengan produser (dunia perguruan tinggi).
c. Membantu Perguruan Tinggi menginformasikan jurusan baru yang belum dikenal luas di kalangan dunia industri.
d. Menciptakan karakter mahasiswa dan alumni USU terdidik dan terampil didalam bekerja, sehingga Perusahaan dapat menilai baik para mahasiswa dan alumni USU.
3. Manfaat Bagi Mahasiswa dan Alumni Pencari Kerja
Nilai tambah bagi anggota PJK USU adalah apabila Perusahaan akan melakukan rekruitmen maka perusahaan akan meminta data kepada PJK dan PJK akan memberikan data mahasiswa alumni yang sudah terdaftar menjadi anggota PJK USU. Terkadang mahasiswa dan alumni akan heran ketika di panggil untuk melakukan Wolk interview, sementara mahasiswa dan alumni tersebut tidak pernah mengantarkan berkas lamaran kerja mereka ke perusahaan tersebut. Adapun manfaat lainnya bagi mahasiswa dan alumni yang terdaftar di PJK antara lain :
a. Memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keahlian, minat dan bakat.
b. Memperoleh informasi kesempatan kerja yang aktual dan daftar-daftar perusahaan yang sesuai dengan jurusan / keahlian.
c. Konseling dan bimbingan karir dari tenaga ahli dalam bidangnya.
d. Adanya pelatihan sehingga menjadi lulusan yang siap kerja.
e. Mempersingkat waktu tunggu pencari kerja.