1

Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) Universitas Sumatera Utara berdiri tahun 1991 dan selama 5 (Lima) tahun pertama dibantu oleh USAID melalui HEDS Project dan sejak terbitnya Surat Keterangan Rektor Universitas Sumatera Utara No.474/PT05.H/SK/C/1995 tanggal 14 April 1995, PJK dikelola secara mandiri oleh Universitas Sumatera Utara. Dunia usaha, industri dan universitas memiliki sumber daya yang berharga yang harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan masing–masing melalui kerjasama yang saling menguntungkan. Universitas Sumatera Utara melalui Pusat Jasa Ketenagakerjaan merupakan jembatan yang efektif untuk menghubungkan komuniti tersebut sesuai dengan keuntungannya masing–masing. Dunia Usaha, Industri dan Universitas merupakan lembaga yang potensial untuk saling bekerja sama dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi. Sumber daya manusia yang dihasilkan Perguruan Tinggi harus sesuai dengan kebutuhan pasar (dunia usaha dan industri), dimana PJK-USU berperan sebagai jembatannya.

Angka pengangguran kita semakin bergeser ke arah lulusan pendidikan menengah dan tinggi. Besarnya jumlah lulusan perguruan tinggi yang menganggur baik angka absolut dan persentasenya memaksa sebagian orang untuk mempertanyakan kualitas yang dimiliki oleh para lulusan perguruan tinggi, atau mungkin pendidikan yang diselenggarakan tidak relevan dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Adanya pergeseran kelebihan angkatan kerja dari yang berpendidikan rendah ke angkatan kerja yang berpendidikan tinggi tampaknya menunjukan dua hal. Pertama, peningkatan apresiasi masyarakat terhadap pendidikan tinggi tidak dibarengi dengan peningkatan daya serap lapangan kerja terhadap lulusan pendidikan. Kedua, perubahan struktur angkatan kerja lulusan pendidikan berlangsung lebih cepat dibanding dengan perubahan struktur lapangan kerja yang tersedia. Masalah ketenagakerjaan merupakan masalah yang sangat esensial, dimana saat ini terjadi kesenjangan antara tenaga kerja yang dihasilkan oleh dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha terhadap tenaga kerja.

Pusat Jasa Ketenagakerjaan awalnya sadar bahwasanya penyerapan lulusan perguruan tinggi oleh dunia usaha dan industri mengalami penurunan. Padahal pada saat yang bersamaan kalangan dunia dan industri masih membutuhkan sumber daya manusia terampil yang dibutuhkan oleh perusahaan. Hakekatnya berdirinya PJK USU tidak terlepas dari tanggung jawab Universitas terhadap para alumni dan mahasiswa untuk mempersiapkan dan meningkatkan daya saing dalam dunia mencari kerja maupun peluang usaha. Upaya ini lebih memungkinkan dengan dibinanya kerja sama antara Universitas Sumatera Utara dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta atas azas kemitraan dan saling menguntungkan.