Berdasarkan konsep “Link and Match“ (keterkaitan dan kesepadanan) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Tenaga Kerja yang bertujuan menciptakan keterkaitan antara dunia pendidikan dengan dunia usaha/industri semakin penting untuk segera diterapkan. Untuk mengaplikasikan konsep “Link and Match” tersebut, maka Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) merupakan jembatan yang efektif untuk menghubungkan komuniti tersebut sesuai dengan kebutuhannya masing masing. Dunia Usaha, industri dan Universitas merupakan lembaga yang potensial untuk saling bekerjasama dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi. Sumberdaya manusia yang dihasilkan Perguruan Tinggi harus sesuai dengan kebutuhan pasar (dunia usaha dan industri). Untuk itu perlu kerjasama yang saling menguntungkan (win-win solution).

Pedoman Bursa Kerja Bagi Alumni USU
Pendidikan berbasis kompetensi sangat dibutuhkan untuk dapat merespon kebutuhan dunia kerja yang bergerak lebih kompleks. Konsekuensi dari era globalisasi persaingan dalam dunia kerja bukan hanya dalam tingkat nasional bahkan sudah sampai dengan persaingan tingkat internasional. Perkembangan dasawarsa terakhir, menunjukkan bahwa tenaga kerja asing profesional yang masuk ke Indonesia tidaklah sedikit. Link & match antara dunia kerja dengan perguruan tinggi harus berjalan selaras.

Untuk itulah, sebagai wujud peningkatan tanggung jawab terhadap lulusan Universitas Sumatera Utara dan Pusat Jasa Ketenagakerjaan sebagai jembatan bagi perusahaan untuk melakukan rekrutmen kepada lulusan alumni yang terbaik, maka keberadaan Pusat Jasa Ketenagakerjaan sebagai unit Pusat Karir di Universitas Sumatera Utara membuat Bursa Kerja bagi lulusan Perguruan Tinggi khususnya di wilayah Sumatera Utara.

Bursa Kerja merupakan program pengembangan kegiatan PJK - USU sebagai pengabdian kepada masyarakat untuk kemudahan para alumni perguruan tinggi memperoleh pekerjaan melalui informasi lowongan kerja dan kegiatan rekrutmen yang dilakukan oleh beberapa perusahaan secara bersama-sama.

Dengan dilaksanakannya kegiatan job fair ini, diharapkan para pencari kerja dan perusahaan pencari tenaga kerja dapat secara langsung bertemu dan berkomunikasi.
a. Tujuan Kegiatan Bursa Lowongan Kerja
1. Memberikan kesempatan kepada para alumni pencari kerja untuk dapat langsung berkomunikasi dengan pejabat-pejabat perusahaan yang akan melaksanakan rekrutment tenaga kerja baru bagi perusahaannya.
2. Memberi kemudahan bagi perusahaan pencari tenaga kerja untuk mendapatkan calon tenaga kerja sebanyak-banyaknya karena sebelum kegiatan pelaksana telah melakukan promosi besar-besaran untuk menghadirkan sebanyak-banyaknya pencari kerja dari segala penjuru di Sumatera Utara ini khususnya di Medan.
3. Memberikan kesempatan kepada para alumni pencari kerja untuk dapat langsung berkomunikasi dengan pejabat-pejabat perusahaan yang akan melaksanakan rekrutment tenaga kerja baru bagi perusahaannya.
b. Target Kegiatan
Target kegiatan event ini adalah terpenuhinya posisi lowongan kerja yang ditawarkan oleh ±30 perusahaan/lembaga pendidikan ternama di Indonesia dan target pengunjung sebanyak 2,500 pencari kerja berkualitasdan potensial konsumen dengan karakteristik sebagai berikut:
1. Pencari kerja SMA/SMK.
2. Pencari kerja fresh graduate dari alumni/non alumni USU.
3. Pencari kerja berpengalaman untuk peningkatan karir.
4. Pencari kerja dari kalangan umum.
c. Peserta
Dari bursa lowongan kerja sebelumnya jumlah perusahaan yang ikut di bursa lowongan kerja Pusat Jasa Ketenagakerjaan Universitas Sumatera Utara ±30 perusahaan baik itu Perusahaan Swasta, BUMN maupun Lembaga Pendidikan. Semakin banyaknya peserta Perusahaan yang ikut bursa lowongan kerja, maka semakin banyak pula pilihan bagi mahasiswa dan alumni untuk menentukan perusahaan yang diminati.


d. Jadwal Pelaksanaan

Input Tahun Catatan
Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des
Penyebaran Informasi
Acara
Laporan

                                                                Pelaksanaan dilakukan 1 (satu) tahun 3 kali kegiatan

e. Bentuk Kegiatan
1. Presentasi perusahaan peserta.
Peserta Perusahaan bursa kerja diberikan kesempatan untuk mempresentasikan profil perusahaan kepada jobseeker (tidak wajib).
2. Penerimaan CV.
Berkas lamaran langsung diterima oleh perusahaan saat job fair.
3. Walk in Interview dan tes seleksi.
Rangkaian proses rekrutmen meliputi interview dan tes seleksi saat job fair berlangsung.
4. Bazar perusahaan.
Perusahaan dapat melakukan penjualan produk-produknya di area bazar perusahaan.

f. Publikasi
1. Iklan Media Cetak :
Surat Kabar Analisa dan Tribun Medan
2. Radio Ekspose:
Kiss FM
3. Poster, flyer & brosur:
Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, Pusat Keramaian di Medan.
4. Spanduk di lokasi strategis (Medan).
5. Baliho di dalam & luar kampus USU
6. Media Elektronik:
Facebook, BBM & SMS blast member PJK-USU.
Garuda Organizer sebagai support partner: website (www.garudaorganizer.com), email blast (1,5 juta jobseeker & 16,000 employers), social media network dan newsletter.